-178- Semarang (lagi)

Bismillah.

Berat ya harus meninggalkan Maryam. Tapi tidak ada pilihan. Sebagai abdi negara ini salah satu konsekuensi.

Karena itu. Saya tidak mau mengeluh. Saya ingin bahagia untuk kedua hal tersebut. Menjadi pekerja dan menjadi seorang ibu.

Untuk anakku tersayang insyaAlloh, Alloh lah yang akan menjagamu. Karena sebaik-baik penjaga adalah Dia. Untuk pekerjaanku, aku akan berusaha sungguh-sungguh agar apa yang kukerjakan hasilnya baik.

Mengeluh hanya akan membuat kita gagal di keduanya. Jadi harus semangat. Harus ikhlas dan sabar. Toh kita ini sedang berkehidupan. Akan selalu ada masalah yang akan membuat hati dan pikiran kita berganti-ganti rasa. Berusaha dan berdo’a. Sudah, itu saja.

Di Semarang kali ini pun saya berusaha bersyukur dan bersabar. Senin sampai jumat. Bukan waktu yang sebentar.

Karena sudah sering ke Semarang saya tidak lagi berkeinginan ini itu. Kebanyakan kelas kamar. Di kamar banyak merenung. Mengamati peristiwa yang lagi happening di media.

Beberapa yang saya yakin akan terus diingat. Pertama, pernikahan Syahrini dan Reino Barack. Yang menguasai hampir semua pemberitaan. Menyapu jajaran trending youtube. Terpampang paling atas di pencarian media manapun. Jadi akan sangat naif kiranya di era digital ini jika tidak tahu akan hal ini. Dan hiruk pikuk kampanye presiden. Pertandingan el clasico antara Jokowi dan Prabowo. Kedua kalinya dan tidak akan ada yang ketiga. Sangat seru bagi mereka yang mengikuti atau berpihak ke salab satu. Sebagai ASN saga tidak bisa terbuka untuk condong ke salah satu.

Saya tidak mau mengomentari keduanya. Tapi pemberitaan kedua topik ini benar-benar panas. Kadang saya merasa di luar nalar keagamaan saya. Tapi satu saja yang ingin saya ingatkan, terutama untuk diri saya sendiri.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tahukah engkau apa itu ghibah?” Mereka menjawab, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu.” Ia berkata, “Engkau menyebutkan kejelekan saudaramu yang ia tidak suka untuk didengarkan orang lain.” Beliau ditanya, “Bagaimana jika yang disebutkan sesuai kenyataan?” Jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Jika sesuai kenyataan berarti engkau telah mengghibahnya. Jika tidak sesuai, berarti engkau telah memfitnahnya.” (HR. Muslim no. 2589).

Baca Selengkapnya :  https://rumaysho.com/9198-ghibah-itu-apa.html

Itu. Astagfirullohal’adzim. Jadi mari teman-teman kita saling mengingatkan. Saling merapatkan barisan untuk menjauhi yang namanya ghibah. Tidakkah kita takut, ini adalah dosa besar. Semoga Alloh selalu melindungi kita semua, aamiin.

Tempat yang nyaman untuk merenung. Alhamdulillah

Tempat saya menginap ini, hotel santika premiere, adalah termasuk hotel lawas di Kota Semarang. Menurut sepupu ipar saya yang asli semarang, Santika merupakan hotel yang kedua dibangun. Hotel pertama yang dibangun di sini katanya sudah tidak beroperasi lagi. Jadi boleh dibilang Santika lah sekarang yang paling senior.

Saya menempati kamar tipe deluxe dengan dua tempat tidur. Tidak ada yang istimewa. Seperti halnya hotel-hotel yang lain di tipe ini. Kamar mandi shower yang selalu membuat saya kurang puas. Maklum terbiasa dengan gayung dan limpahan air di bak😊

Tapi satu hal yang menurut saya lain. Apa itu? Sendal! Iya. Bentuk dan warnanya memang sama saja seperti hotel-hotel yang lain. Yang beda sandal punya santika rasanya lebih tebal. Atau cuma perasaan saya saja? Entahlah.

Apalagi ya? Hm makanan. Tidak banyak yang saya coba. Makanan hotel pun banyak yang saya skip. Lagi diet kaka… Gak enak lah badan gemuk. Rasanya gak lincah. Sarapan paling icip salad sayur, sudah. Siang nasi sedikit plus lauk. Malam skip. Tapi gara-gara lapar malah pesen martabak di gojek😌

Selain martabak ada pesen mie godog jawa. Makannya di kamar hotel. Kuahnya saya taruh di gelas😂 ternyata makan mie godhog dengan kuah terpisah juga oke.

Terus makan bakso di gunung pati. Saya berkunjung ke sepupu yang sekarang tinggal di sana sekalian buka usaha. Baksonya lumayan. Harganya juga lumayan murah khas mahasiswa. Maklum lokasinya ini di sekitaran kampus UNNES.

Di tengah Semarang yang panas melipir ke Gunung Pati ini sesuatu ya😁 Asa di lembur. Udaranya sejuk. Jaraknya juga gak jauh-jauh amat dari kota. Naik gojek kurang lebih tiga puluh menit, sekitar Rp22.000,-.

Itu sih. Gak banyak. Tapi alhamdulillah senang sekali. Melihat ponakan yang masyaAlloh sudah gede-gede. Dulu tahu pas bayinya sekarang sudah besar. Tak terasa ya sudah tua. Dan senin besok insyaAlloh lanjut pelatihan di Solo. MasyaAlloh. Berikan kami semua kesabaran dan keikhlasan. Aamiin.

-163- Review Hotel: MG Setos Semarang

Bismillaahirrohmaanirrohiim.

Sekali-kali menulis dari Semarang. Dan sekali-kali mencoba review hotel. Sudah lama ingin. Tapi tak pede. Maklum seringnya nginep di hotel selalu dibayari. Selalu ketika pelatihan. Pernah sekali berbayar. Tapi lama dan fotonya tidak ada.

Dan bersiaplah postingan pertama saya penuh gambar. Nulisnya saja berat bol! Pake hape lagi💆‍♀️

Kali ini karena kamarnya juga gede. Bersih. Keren. Barangkali ada yang berminat. Dan sedang mencari-cari.

Kamar yang saya tempati ini berada di lantai 11. Luasnya 90 meter persegi. Gimana gak luas ya untuk dua orang.

Hotel Mg Setos sendiri mulai dari lantai 8. Kamarnya ada di 9, 10, 11, dan 12. Kamar yang saya tempati tipe executive suite. Ini adalah kamar kedua terluas yang pernah saya inepi. Selain apartemen tentunya. Norak gak sih 😅✌️ Harganya sekitar 2,7jt. Normal. Tapi kalo rombongan macam pelatihan gini bisa ditekan lumayan banyak.

Untuk lebih jelas bisa langsung ke web penjualan. Semacam traveloka, trip advisor, dan yang lainnya. Biasanya banyak diskon.

Tapi jangan salah, karena ini saya pengen nanti sekali-sekali ngajak keluarga jalan. Nginep di hotel kayak gini ini.

Oke let we see penampakannya.

Hal pertama setelah check in kita bakalan dapat kartu.

Tempat kartu yang dari kertas itu selain untuk menyimpan kartu juga ada username dan password wifi hotel. Kartu putih polos ini sangat berguna. Kalian kalau tidak punya kartu ini jangan coba naik lift. Pusing gak nyampe-nyampe.

Kalo dibuka ada pass wifi

Lift nya memang sudah dirancang. Hanya bagi pemegang kartu. Alias mereka yang nginep. Alias yang check in. Alias yang bayar. Hello hari gene makan siang gratis 😁

Si kartu tinggal di tap di tempatnya ketika naik lift. Biasanya di atas nomor lantai. Lanjut pencet nomor lantai. Jalan. Kalau enggak di tap ya wassalam. Masuk ke kamar pun begitu. Aksesnya pake tap kartu.

Model kayak gini sebenarnya sudah umum. Tapi kadang karena ke hotelnya sekali-sekali sering lupa.

Pemandangan pertama adalah ini:

Lorong panjang menuju ranjang. Panjangnya kurang lebih enam meter. Dan kosong. Lorong saja. Saya manfaatkan buat olah raga di situ. Lumayan kan bisa berlari-lari.

Di sebelah kirinya itu kamar mandi. Yang sungguh bagi saya terlalu luas. Ada bathtub nya. Ada showernya. Tinggal pilih.

Pintu kamar mandi

Di samping kanan pintu adalah pengatur suhu. Bukan remote batangan. Yang kadang kita lupa naruhnya di mana.

Pemandangan pertama ketika buka pintu

Ini bath tub nya bersih banget. Masih putih bersih. Belum berubah warna sama sekali.

Di meja kaca itu. Ada berbagai perlengkapan untuk membersihkan diri. Ada sabun, shampo, cotton bud, sisir, pasta dan sikat gigi, shower cap, dan tempat sampah. Lumayan lengkap kan?

Kalau shampoan rambut kita basah, tenang. Ada hait dryer juga di sana. Tertempel di tembook di sebelah kanan kaca.

Penampakan sebelah kiri kaca.

Yang menarik hati. Di sebelah kiri ada kaca untuk make up. Pokoknya nih kaca bisa kita dekatkan ke wajah. Ada dua sisi. Satu sisi kaca biasa. Sisi lainnya cembung. Wajah kita jadi terlihat sampai ke pori 😅

Ini sih kayak lihat ikea hacker. Tapi serius kaca bulat yang nempel ke dinding itu: jenius!

Nih bathtub yang saya bilang bersih. Bentuknya juga lucu. Simple elegan gitu. Halah halah.

Pemandangan dari bathtub

Sebelah kanan adalah shower.

Dan terus berjalan akan kita dapati wc:

Ini juga nice. Mulus. Gak gropak-gropal. Apa juga gropal-gropak. Intinya gak ada suara. Nyaris tak ada suara.

Lukisannya juga membuat hati senang. Tenang.

Dari kamar mandi adalah ranjang. Ini sih biasa ya. Setiap hotel mesti ada ini. Yang beda single atau double. Dan ukurannya. Punya kita single ukuran king.

Ngomong-ngomong soal kasur. Saya pernah intip. Penasaran. Merk apa sih yang biasa dipakai hotel. Yang saya pernah intip sih king koil. Saya tambah penasaran. Cek harganya. Oh yeah bukan budget saya. Kurleb seharga N Max.

Tapi saya boleh berbangga. Dulu di Sulawesi. Kasur spring bed saya merk king koil. Seharga 2 juta ajah. Lho kok?

Pasti KW.

Aseli kaka!

Lantas?

Ehm! Well B E K A S. Dan masih dua juta. Seharga spring bed baru merk lain.

Kualitasnya walau bekas masih oke punya. Seriusan. Saya pindahan. Itu spring bed saya lungsurkan. Memang ya harga mencerminkan kualitas.

Untuk beberapa kasus harga bisa mencerminkan kualitas.

Di tempat saya dulu adalah surga barang bekas. Barang bekas dengan kualitas internasional. Biasanya sisaan hotel. Kata si pedagangnya banyak dari Singapore.

Kalau berminat coba saja jalan-jalan ke sana: Wakatobi.

Soal TV juga buat saya paling penasaran. Duh saya benar-benar ndeso. Baru kali ini lihat TV dengan jaringan. Bisa nonton sepuasnya. Karena ada hooq, iflix, hbo. Acara TV nya pun bisa disimpan.

Saya sampai fokus. Cuman ngotak ngatik saluran. Wkwkwk.

Kasurnya seperti biasa di hotel

Lemarinya sederhana. Dua pintu. Jenis hanger. Pakaian yang dilipat bisa di bawahnya.

Ohya itu yang di sebelah kiri. Kaca lebar pembantas kamar mandi aseli terbuka. Tapi tenang, ada tirai anti air yang bisa dijadikan penutup.

Cocok banget ni kamar buat yang lagi honeymoon.

A…nd the view! Itu kota Semarang! Cantik.

Balik ke belakang kita dapat ini:

Pintu keluar dan ada ruang tamunya sodara-sodara. Sofanya nyaman bangat. Bagi saya yang imut ini cukup nyaman. Biasanya kan kursi hotel gede-gede. Standar tubuh internasional 😁

Di sana juga ada pemanas air. Berbagai minuman: kopi dan teh termasuk gula dan creamer. Ada air mineral tentunyah. Dan cangkir-cangkir.

Oke that is all. Penilaian saya oke banget. Lega. Nyaman banget untuk keluarga kecil dengan satu anak. Bisa pesan crib. Tapi yang paling nyaman adalah untuk pengantin baru.

Ini adalah versi low budget. Karena saya serombongan. Kalau yang benar-benar pesan pribadi mungkin lebih wah.

Ohya hotel ini sangat dekat dengan Paragon Mall. Yang suka cuco mata. Gak usah belanja kan. Dekat lawang sewu juga. Bagi pecinta sejarah. Dan nostalgia.

Semoga bermanfaat. Minimal jadi kepengen. Terus nabung. Aamiin…

-127- Semarang Pertama Kali

Bismillah.

Siapa sih yang tidak terpana melihat bangunan tua jaman belanda masih berdiri kokoh sepanjang jalan. Melempar jauh kenangan ke masa meneer dan noni-noni cantik Belanda. Saya jadi ingat novel tetralogy karya Pramoedya Ananta Toer. Salah satunya Bumi Manusia. Bercerita sosok Minke seorang pribumi bersekolah di HBS dan kemudian jatuh hati pada Annelies anak dari seorang Nyai.

Penggambaran di novel tersebut tampak nyata di kepala. Rumahnya yang besar, peternakannya, kereta kudanya, dan semua yang diceritakan bagai masuk ke jaman itu. Demi apapun saya sangat ingin melihat kondisi di masa itu.

Sedari berkenalan dengan novel-novel semacam bumi manusia saya selalu ingin melihat benda dalam bentuk apapun dari masa itu. Apakah itu bangunan, marka jalan, atau bahkan benda kecil sebangsaning pulpen, uang koin, apapun lah.

Dan Desember kemarin, berhubung saya dan suami harus menghadap ke kantor BPS Jateng. Namapun pegawai pindahan baru yah minimal ketemu dulu sama atasan kita di provinsi. Untuk pertama kalinya saya ke Semarang.

Seumur-umur saya tidak pernah membayangkan akan ke samarang. Kalaupun saya punya bucket list kota-kota yang ingin saya kunjungi maka Semarang tak pernah masuk.

Dalam benak saya, Semarang itu panas, gersang, dan saya agak males berkunjung ke tempat-tempat yang terik seperti itu kecuali tanah suci dan kota-kota di sekitarnya, wkwkwk. Jadi, sekalinya ada kesempatan ke Semarang ya, saya biasa-biasa saja.

Naik Kereta Api dari Cirebon. Urusan naik moda transportasi satu ini saya tidak menolak. Saya paling suka naik KA. Tempat duduknya luas, bisa bobo selonjoran dan bisa jajan. Katanya beli makanan di kereta itu sensasinya tak terlukiskan. Berlebihan memang, tapi kamu harus nyoba sekali-sekali beli makanan di KA. Saya sudah beberapa kali sih beli dan emang menyenangkan. Asik saja gitu.

Ohya satu hal KA kan mirip-mirip pesawat soal ketepatan waktu berangkat. Jadi mesti teliti dan rencanakan seefektif mungkin kalau tidak bisa jadi ditinggal. Saya kemarin hamper saja ditinggal. Alhamdulillah masih rejeki.

KA berangkar jam 7.01 WIB, dari rumah disopiri adek kita berangkat jam 17.00 WIB. Yah, biasanya kan Cikijing-Cirebon bisa ditempuh kurang dari dua jam. Jadi, agak santai sampai pada suatu titik jalanan mendadak melambat. Mobil di kanan-kiri padat. Ternyata jalanan ke arah Cirebon tak seperti dulu lagi. Kini tak ubahnya Jakarta.

Namanya masih rejeki adek saya pinter-pinter nyari jalan tikus sampai akhirnya sampai stasiun jam tujuh teng. Saya dan suami berlari langsung ke penjaga pintu masuk KA. Dan Alhamdulillah si kereta masih ada di sana. Masih ada kesempatan beberapa menit.

Petugas jaga amat sangat membantu menukarkan tiket online kami dengan tiket KA resmi dan menghubungi bagian dalam KA agar menunggu kami sebentar. Akhirnya kami berdua lari sekencang-kencangnya menuju gerbong yang tertera di tiket. Bukan main capeknya. Saya sampai salah masuk gerbong.

Padahal sebenarnya ya, tidak apa-apa masuk dari ekornya gerbong kalau semisal gerbong kita di kepala. Kan keretanya sambung menyambung. Jalan saja santai seharusnya di dalam kereta. Yah, begitu deh kalau lagi bingung jadi gak bisa mikir. Walaupun sudah diingatkan, “masuk saja Bu”. Tapi saya kayak yang denger gitu terus saja berlari. Sampai di kursi bukan main lelahnya emak-emak yang jarang olahraga ini.

Turun di Stasiun … kita naik taksi menuju hotel. Nah, waktu di taksi ini melewati kota lama dan masyaAlloh jejeran bangunan tua jaman Belanda melambai-lambai cantik ke arah saya. Ohhh ini toh Semarang yang tidak ada di bucket list saya, ternyata masyaAlloh cantik sekali kotanya, eksotis.

Besoknya kita ke simpang lima sepulang dari kantor. Dan bersih. Rapi. Kita bisa duduk-duduk santai. Kita pun pulang jalan kaki ke hotel. Jauh tapi senang bisa jalan-jalan di Semarang

Saya sempat beli siomay. Sebagai orang Jawa Barat ya pastinya tidak asing dengan namanya siomay. Eh, di Semarang ini rasa siomaynya jauh dari rasa yang saya kenal: manisss banget. Sudah s-nya banyak pake banget lagi. Rasanya ini bumbu siomay gula semua.

Dekat hotel ada yang jualan nasi kucing. Oke coba lagi. Enak. Tapi kalau disuruh milih saya mau nasi lengko dekat rumah mertua saja 😀

Nasi kucing ini ya karena porsinya amat kecil seperti makanan kucing. Lauknya macem-macem tinggal milih. Ada tempe, cumi, udang dan lainnya, ditambah bakwan atau gorengan lainnya. Ya oke lah buat yang lagi diet seperti saya 😉

Siangnya kita pulang deh.

Sampai Jumpa Semarang…