-191- Gigi

Bismillahirrohmanirrohiim.

Permasalahan gigi ini seperti sepele tapi sangat mengganggu. Karena saya suka makan tatkala gigi bermasalah itu menderita sekali. Ibaratnya sudah jatuh ketiban tangga pula.

Sampai SMP saya tidak punya masalah dengan yang namanya gigi. Ngunyah pake geraham kanan kiri oke. Tapi yaitu ketika merasa baik-baik saja malah lalai. Makan malam kemudian tidur. Lebih ke ngemil sebenarnya. Itu bahaya yang sering disepelekan. Biasanya baru menyesal kemudian.

Dan SMA lah saya menyesal. Pernah sakit gigi yang sampai susah ngunyah itu pertama kali SMA. Waktu kuliah baru saya benar-benar rawat. Setelah dua geraham terpaksa harus dicabut dan tiga geraham harus ditambal.

Perawatannya pun karena dipaksa dokter gigi. Kalau tidak habis sudah geraham saya.

Karena itulah saya sangat concern dengan gigi Maryam. Itupun masih kecolongan. Satu gigi depannya habis. Dan satunya bolong. Kalo menurut dokter ini dikarenakan setelah minum ASI atau susu tidak segera dibersihkan. Iya sih kadang saya netein sambil tiduran terus bablas ikut tidur.

Setiap malam saya jadi rajin gosok giginya. Kalo sudah gak kuat ke kamar mandi saking ngantuknya, saya gosok saja di kamar.

Beberapa hari ini gigi tetapnya sudah pada tumbuh. Itu terjadi ketika gigi susunya masih nempel kuat. Sudah dua gigi seri bawah yang dicabut karena gigi tetapnya sudah muncul. Dan kemarin saya perhatikan gigi seri atas yang gigi susunya bolong tapi gak copot-copot gigi tetapnya sudah tumbuh. Alamat kan dicabut kembali ke doktet gigi.

Padahal saya dulu kecil pada copot sendiri itu gigi susu. Sekalinya saya punya pengalaman dicabut itu karena punya taring✌️Nah Maryam malah sampai kenal sama dokter giginya. Ya dicabut ya dibersihkan ya konsultasi. Lengkaplah bu haji ini😁

Ini harusnya dicabut. Tapi dia harus sama saya. Gak mau kalo sama Abahnya. Lha saya pergi pelatihan saja malah marah-marah 🤦‍♀️

“Siapa yang gosokin gigi maryam? Siapa yang mandiin pagi? Abah gak bisa…😭😭”

Atuh saya ngekek😂

Iya deh nanti sama ummi ya😘

Saya juga gak pamit ini sama Maryam. Soalnya kalo pamit dia suka derama. Kalo pagi-pagi sebelum berangkat sekolah saya pamitnya dia merengek gak mau sekolah. Ikut ummi saja. Maryam gak mau. Sambil nangis. Nanti sayanya gak tega.

———

Hasil konsultasi ke dokter gigi.

Dulu sekali saya pernah konsul. Boleh gak sih anak saya dicabut giginya. Ya berhubung giginya ruksak banget. Apalagi yang bolong. Kasian kan kalo makan masuk-masuk terus.

Kalo belum lima tahun: Jangan. Karena nanti copot sendiri itu gigi susu. Yang penting dirawat. Kalo malam usahakan sebelum tidur dibersihkan. Pakai air hangat pake kasa biar bener-bener bersih. Biar bolongnya tidak menyebar. Kecuali gigi tetapnya sudah tumbuh duluan terpaksa yang seperti itu harus dicabut. Seperi kasus Maryam.

Advertisements