-184- Antara Nasi Kuning dan Bubur Ayam

Bismillahirrohmanirrohiim.

Sudah tiga pagi saya membeli bubur ayam di sekitar pasar Sitanggal. Kang Sum sudah selama itu juga absen tak jualan. Kata anak bungsunya lagi ke Pati.

Sebenarnya tidak ada yang istimewa. Ya iyalah orang cuma beli bubur ayam. Tapi angin pagi ini membawaku pada dua tahun yang lalu di tanah Wakatobi.

Jadi keinget, dulu pengen banget makan bubur ayam, sudah keliling kampung tak dapat. Di sini jarak berapa meter di pinggir jalan sangat mudah menemukan penjual bubur ayam di pagi hari bahkan sampai larut pun ada. Jenisnya ada yang berkuah dan ada yang tidak. Toppingnya macam-macam, bisa pilih sesuka hati.

Pikiran melayang pada nasi kuning di seberang sana. Sambil menunggu si mas meracik bubur ayam saya jadi ingat nasi kuning menu utama sarapan di sana.

Boleh lah saya bilang menu utama, karena nasi kuning di Wakatobi dan Sulawesi pada umumnya selumrah bubur ayam di tanah jawa untuk sarapan. Kita bisa mendapatkan penjual nasi kuning di pagi hari dengan sangat mudah. Yang penting kita keluar rumah ya…

Saya akui nasi kuningnya enak-enak. Dari berbagai jenis beras. Ada yang lembek sampai yang tegar seperti beras nasi goreng, dan semuanya enak memiliki ciri kas masing-masing. Miriplah dengan bubur ayam ini. Sayang saya belum ubek-ubek fotonya keburu ingin menulis. Lauknya sudah pasti ada tempe oreg yang di tiap penjual berbeda cara pengolahan oregnya. Jadi si oreg ini menjadi salah dua pembeda nasi kuning antar penjual.

“Dua belas ribu…”

Oh ya saya lupa. Harga bubur ayam pinggir jalan besar tentu sedikit lebih mahal dari Kang Sum. Dua kali lipat lebih mahal. Tapi ini sebanding dengan harga nasi kuning di sana. Dari nasi kuning dan bubur ayam inilah saya jadi tahu bahwa harga-harga memang sudah mendekati sama antara timur dan barat = SAMA-SAMA MAHAL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.