-179- Sebelas

Hendak jadi apa sepuluh tahun yang akan datang?

Aku ingin menjadi presiden. Yang hebat. Paling hebat. Waktu itu kelas enam. Imajinasi masih membubung tinggi. Waktu itu belum mengenal apa daratan.

Waktu melintas seperti angin saja. Kadang terasa kadang tidak. Berharap semuanya sepoi. Jangan datangkan angin ribut. Tapi kebanyakan memang yang tak terasa itu. Kehidupan juga begitu saya kira.

Jendela abu tinggi-tinggi di hadapan. Aku tahu. Dulu. Di sini. Di tempat ini. Berbagai macam manusia. Tak terhitung jumlahnya. Hilir mudik. Mungkin tak satupun dikenalnya. Tapi siapa peduli. Mereka memiliki hidupnya masing-masing. Mereka memberi arti hidupnya masing-masing. Yang kadang tidak perlu kita tahui.

Sudah sejauh ini. Bukan senja. Walaupun aku selalu menyukai senja. Tapi aku yakinkan bahwa ini bukan senja. Berharap masih diberiNya kesempatan. Satu saja. Untuk selalu menjadi lebih baik. Muslimah yang taat. Istri yang sholeha. Dan ibu yang sholeha.

Kata seorang teman: hebat sekali jalan terus. Saya bilang, bukan saya yang hebat. Anak sayalah dia yang hebat. Yang sudah tidak lagi meraung-raung di usianya yang belum genap enam.

Tapi justeru hal itu lebih berat. Air mata tanpa suara. Hidung memerah dan rasa yang dipendam. Itu. Itu lebih dari sekedar berat. Perih.

Tapi juga hidup terus berlanjut. Terus, terus, dan terus. Tidak bisa kita hentikan sejenak.

Hidup ini hanya soalan kita menghadapinya. Soalan pilihan. Yang akan membuat kita terlihat. Pilihan-pilihan itu menunjukkan sudah sejauh mana kita melangkah.

Senyum simpul ini menandakan bahwa kehidupan telah begitu rupa menjamahku. Aku bersyukur sudah sampai di titik ini. Banyak yang meleset dari harapan. Tapi Alloh memberiku yang lain yang jauh lebih aku butuhkan. Aku sudah beranjak dari pandangan hilir mudik manusia siang ini. Angin dan matahari membelaiku tanpa mereka harus tahu siapa.

Joglosemarkerto, 11 Maret

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.