-153- Catatan Akhir Ramadhan 1439H

Bismillah…

Lebaran di depan mata. 1439 H. Dua puluh sembilan hari tepat hari jumat 15 Juni atau genap tiga puluh hari di 16 Juni, kita tunggu saja keputusannya, mungkin besok.

Setiap ramadhan memiliki ceritanya sendiri bagi saya. Tahun ini saya belajar banyak tentang kemandirian dan kedewasan di tengah keluarga besar. Akan jauh lebih mudah bagi saya jika tinggal hanya bersama suami dan anak, seperti tahun-tahun yang lalu. Tapi, mungkin saya tidak akan pernah belajar. Saya tidak tahu apa yang akan saya hadapi di depan dengan semua bentuk pembelajaran ini. Semoga apapun itu saya dapat melewati dan menghadapinya dengan tegar, ikhlas, sabar, dan penuh ketaatan.

Maryam tahun ini belum ikut puasa. Satu kali ia ikut sahur. Tapi ia sudah mulai mengenal shalat lima waktu dan melihat orang-orang di sekitarnya berpuasa, dia sudah mulai menyadari apa itu puasa dalam artian harfiah, alhamdulillah. Tahun depan semoga sudah bisa ikut berpuasa ya Non.

Satu hal yang saya syukuri adalah menyelesaikan novel di awal Ramadhan. Karena itu terbukti membuat saya bisa lebih merabai dan merasai Ramadhan. Walaupun tidak seintens dulu dulu ketika masih kecil. Di suatu hari saya pernah merasa begitu bersahabat dengannya. Tapi di kebanyakan kesempatan kita seperti hanya teman yang sebatas mengenal 😢 Semoga masih ada kesempatan yang lain untuk kita berjabat tangan dan berpeluk mesra bagai dua sahabat yang lama tak jumpa, aamiin.

Kesabaran dalam menahan emosi adalah hal yang paling sulit. Sudah lama seperti ini. Karena godaan makanan dan minuman rasanya sudah bukan massanya. Dulu sih waktu kecil iya. Lihat iklan makanan atau minuman di tv langsung ileran. Ah sekarang mah nyuapin anak yang notabene di depan mata tidak masalah, alhamdulillah. Ya setiap kedewasaan memiliki massanya. Saya senang telah melewati tahap itu.

Ramadhan, semoga kami dapat menyapamu kembali. Ramadhan, semoga bulan gemblengan ini membuat kami jauh lebih baik ke depannya, di bulan-bulan mendatang. Aamiin.

Kamis hari ke-29 Ramadhan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.