-121- Seblak Kerupuk

Bismillah.

Sudah pada tahu seblak kan? Makanan yang lagi nge-hits akhir-akhir ini, utamanya di Jawa Barat.

Yang bikin ini makanan terkenal menurut saya ya, adalah level kepedasannya. Bukan seblak namanya kalau tidak pedas. Malahan di kalangan Vlogger ini makanan sering dijadikan challenge. 

Kemarin saya anteng saja gitu nonton challenge-challenge mereka makan ni seblak. Kebanyakan nyoba yang seblak jeletet level 5, paling tinggi nih level kepedasannya. Rada-rada crazy sih, masak makan pedas gitu harus sampai habis tanpa minum, ampun saya mah.

Sebagai pecinta pedas juga harus nyoba banget. Jadi, kemarin juga siangnya saya bikin seblak dari kerupuk udang yang warnanya oren kecil-kecil.

kerupuk-seblak
gambar di ambil dari sini

Bahan: Kerupuk dua kepalan tangan, bawang merah empat siung, bawang putih 2 siung, cabe rawit lima buah, cikur(kencur) secukupnya, telur satu buah, dan gula garam merica secukupnya.

Caranya: Ulek semua bahan kecuali kerupuk, telur, dan gulgar merica. Ulekan tadi di tumis sampai harum dan matang kecoklatan. Lalu masukan telur, oseng-oseng. Masukan air tunggu sampai mendidih. Jika sudh mendidih masukan kerupuk yang sebelumnya telah di rebus sampai lunak. Terakhir masukan bumbu gulgar merica dan koreksi rasa. Jika sudah pas siap disajikan dengan topping bawang goreng dan seledri mmm enak enak enak.

Rawitnya kan lima, saya jarang menambahkan rawit sebanyak ini di makanan kecuali pas bikin sambal, harapannya pedas sekali. Tapi, pas dicoba entah kenapa kok tidak begitu pedas. Pedas tapi yang bukan sampai seuhah gitu. Tidak tahu kenapa, padahal rawit di rumah biasanya biar satu pedas banget.

Resepnya sendiri hasil nge-yutub. Di resep sih pakai royco atau masako. Berhubung tenggorokan saya lagi kurang fit jadi skip yang micin-micin. Ini resep yang paling dasar dari seblak. Selebihnya bisa dimodif sesuka hati. Ya barangkali mau di tambah kaldu atau isinya ditambah sayur dan lainnya.

Seblak kan awalnya dasarnya identik dengan kerupuk, hari ini pedagang sudah mengembangkan varian lainnya. Misal seblak isi sosis, tahu kering, sampai ceker ayam dengan level kepedasan biasanya sampai lima. Tidak kebayang pedasnya seperti apa. Pengen nyoba nih kalau pulang kampung yang level 5 😀

dscn31371
rawitnya kurang banyak sepertinya.
Yang suka pedas boleh di coba, nagih!
Advertisements

One thought on “-121- Seblak Kerupuk

  1. Pingback: -123- Nyoba yang lagi Hits: Indomie Abang Adek – ummiko

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s