-114- Makanan Favorit Keluarga

Bismillah.

Saya dan suami dalam hal makanan amat sangat berbeda. Sebenarnya tidak hanya makanan sih, hampir dalam segala hal kita berbeda. Ya, namapun katanya saling melengkapi hhee.

Saya suka yang asin-asin si abah suka yang manis-manis. Bahkan saya sering di buat geleng-geleng kepala, susu yang manis pun harus di tambah gula lagi. Belum teh manisnya yang menurut saya seperti larutan gula berwarna coklat keemasan. Gimana tidak merdeka itu para semut di rumah.

Saya suka yang bersantan gurih si abah sukanya yang kalo bisa kasih garam saja cukup. Dia yang di kasih tiap hari tempe dan kangkung akan super hepi dan saya yang walaupun masaknya gampang tapi lidah tak terpuaskan. Jadinya tiap masak kalau saya lagi rajin masak dua menu yang berbeda.

Bersyukur Maryam mengambil sebagian dari saya dan abahnya. Bayangkan jika Maryam pun memiliki selera makan yang sama sekali berbeda, duh saya bisa seharian di dapur 😀 .

Tapi ada satu makanan yang mempersatukan kita. Saya bahagia sekali kalau soal makanan yang satu ini. Hemat waktu dan tenaga. Tidak lain tidak bukan dia adalah adonan kanji. Kok makanan? Iya karena adonan kanji ini sebenarnya sudah matang. Dia sudah di seduh air mendidij terlebih dahulu sebelum dieksekusi selanjutnya menjadi bentuk makanan yang lebih menjanjikan.

Dari adonan kanji ini selain bisa langsung di makan *ala Maryam* selanjutnya bisa di masak sesuai selera. Misal suami sukanya indil ya tinggal di rebus kemudian di beri sambal kacang. Saya suka cireng ya, tinggal di goreng dan di cocol sambal. Maryam? Dia suka semuanya…

Ini dia adonan kanji sampai menjadi rupa makanan lainnya yang enak dan tentunya kesukaan kita semua…

adonan kanji
adonan kanji

Adonan ini terdiri dari tepung kanji gr di campur 3 sendok makan tepung terigu dan di seduh dengan rebusan bawang putih, garam, dan merica. Air untuk merebus kira-kira segelas belimbing. Di aduk pakai sendok ketika masih panas. kemudian diamkan sebentar sampai agak hangat. Selanjutnya suka-suka untuk di olah menjadi apapun. Bisa cilok, cireng dan indil.

Ketika membentuk agar tidak lengket di tangan pakai tepung terigu. Dan ini yang baru-baru saya bikin dari adonan kanji.

ini cilok bisa juga di buat indil dengan cara di rebus menggunakan sambal kacang.
ini cilok bisa juga di buat indil dengan cara di rebus menggunakan sambal kacang.
cireng
cireng
yummy...
yummy…
sore-sore kayak gini...
sore-sore kayak gini…

Kalau soal makanan yang ini tak kenal waktu. Kapanpun saya buat langsung habissss…

Modifikasi resep dari berbagai sumber.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s