-109- Maryam dan Binatang

cat-188088_1920
pixabay.com

Bismillah.

Paling kelihatan dari Maryam di usianya 2 tahun adalah ketertarikannya dengan binatang. Hampir semua binatang.

Ketertarikannya terlihat seperti ingin selalu dekat dengan mereka *uhuk*. Saya bisa sebutkan binatangnya satu-satu karena belum banyak yang berinteraksi langsung dengan Maryam.

Kucing. Di kantor ada satu kucing yang sering kelihatan. Jika ini kucing sudah datang Maryam senang sekali. Pernah suatu waktu ini kucing lagi malas atau kecapekan dia hanya tiduran di halaman kantor. Maryam mendekatinya, mencolek-colek bulunya, tapi si kucing tak menunjukkan ketertarikan untuk bermain. Mungkin dia lelah ya. Tak berapa lama saya di buat kaget, Maryam mengikuti kelakukan si meong. Dia tidur mengikuti si meong dan kepala mereka bertemu bertatapan. Mungkin dalam hati si meong “kenapa nih anak?”, hahaha…

Saya sebenarnya tidak masalah Maryam suka dengan binatang dan terlihat begitu dekat. Cuman saya jadi takut karena tubuh si meong kotor dan terdapat luka. Takutlah pokoknya saya. Langsung lah saya kasih bangun Maryam.

Ayam. Kelakuannya dengan ayam hampir mirip dengan si meong. Kali ini Maryam sedang memberi makan ayam di halaman kantor pakai bekal makan siangnya yang tidak habis. Dia sangat senang dan antusias. Ketika ia mengejar-ngejar ayam terus terlihat ada makanan yang di lempar untuk si ayam belum di makan. Tiba-tiba Maryam memakannya menggunakan mulutnya. Tidaaaak! anak memang plagiat ulung. Maryam, tidak ya…:) Tapi Maryam tidak berani menyentuh ayam. Dia yang akan pura-pura mengejar, giliran ayamnya mau dia yang bali lari hihi.

Lain lagi kisahnya dengan si kambing alias embe. Nah, dia pun suka sekali dengan si embe ini. Karena interaksi dengan si embe menggunakan jarak yang lumayan, palingan dia yang hanya manggil-manggil penuh semangat si embe. Embenya sendiri? Jelas bengong dong.

Tidak melihat tempat dan waktu. Di siang bolong di depan kantor bupati kalau lihat ada embe langsung di panggil. Panggilan yang membuat mata melirik “Embeeee!!!” *siapa sih ni anak? bisa nyante gak manggilnya?*.

Semut. Kalau sama semut ini sebenarnya saya khawatir karena tubuhnya yang rapuh. Jadi, sekalinya di ambil Maryam sering sudah ke pencet duluan. Maaf ya semut. Saya mulai intens mengingatkan Maryam untuk tidak main ambil itu semut. Dan alhamdulillah sepertinya dia mengerti karena akhir-akhir ini dia yang hanya akan memperhatikan mereka tanpa berusaha lagi mengambilnya.

Kupu-kupu. Nah binatang ini juga favouritnya Maryam. Bentuknya yang cantik dan warnanya yang indah, ah, siapa sih yang tidak kagum padanya. tapi, saking penasarannya sekali waktu Maryam pernah mengambil ini kupu-kupu yang kelelahan di lantai rumah. Dan kisahnya menyedihkan seperti si semut. Jadi, saya membatasi interaksi Maryam dengan binatang kecil.

Ikan. Dia jatuh hati mungkin sama ikan ini. Kalau tidak di paksa pulang dia bisa duduk lama memperhatikan ikan di laut pasar malam.

Dan terakhir burung. Sekali waktu dia pernah melihatnya sangat dekat, namun sayang di sangkar. Dan entah kenapa Maryam tidak begitu betah memperhatikan si burung dalam sangkar ini. Tidak seperti biasanya ketika melihat burung terbang dia akan melihat fokus sambil nunjuk-nunjuk dan bilang “buung buung…*.

Sampai-sampai kalau mau memperdengarkan Maryam dengan ayat alQuran harus di putar bersamaan dengan video binatang.

Dari dulu saya percaya bahwa anak-anak adalah peniru ulung dan demi melihat anak sendiri, semua itu seakan keyakinan yang menjadi kenyataan di depan mata. MasyaAlloh, bagaimana kertas putih akan kita tulis? Ya Alloh berikan kami sebagai orang tua kemampuan untuk hanya menuliskan yang baik-baik saja. aamiin.

Maryam, mereka juga mahluk ciptaan Alloh. Jadi, teruslah tertarik dan sayang sama mereka ya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s