-95- Nostalgia

Bismillah.

Selalu ada tempat yang tidak akan pernah kita lupakan. Seakan sebagian diri tertinggal di sana. Selalu ada kenangan yang terus menyertai jejak langkah kita. Selalu ada rindu.

Kota kecil yang dulunya senyap kini tengah berusaha berdiri menyejajarkan diri dengan kota-kota kabupaten lainnya di Jawa. Sebelas tahun yang lalu. Sungguh waktu yang sangat sangat lama. Sebelas tahun yang lalu dengan seragam putih abu-abu, tas ransel, buku di dekapan yang entah kenapa selalu membuatku nyaman, dan sepatu warior hitam berlogo gajah, aku masih hilir mudik setiap pagi dan menjelang sore di jalanan itu.

Ada desir dingin ketika sekilas melihatnya kembali dari balik jendela mobil elf menuju Bandung. Ada rasa sunyi, muda, dan mimpi. Bersahutan silih berganti backsong di kepala dari mungkinnya peterpan, dongeng wayang, dan semua lagu itu mengingatkanku pada orang-orang. Orang-orang yang pernah singgah di masa itu. Masa penuh impian. Masa di mana acara radio sangat di tunggu dan menunggu diputarkannya lagu yang di suka. Masa itu, ah…

Nostalgia memang menyenangkan. Mengingat hari-hari di mana kia masih sangat belia, rasanya kangen. Kangen dengan semuanya. Dan di bawah adalah beberapa tempat yang berhasil saya potret sepanjangn perjalanan Cikijing-Bandung. Tempat-tempat tersebut memiliki kenangan tersendiri bagi saya 🙂

  1. Rumah besar misterius
DSCN1988
ini ambil nya sambil jalan, ngeblur tapi bagi saya ini mengembalikan kenangan masa putih abu 🙂

Ternyata rumah besar itu masih ada berdiri megah dan masih penuh misteri. Selalu di waktu dulu, setip melintasinya saya menatapnya lekat-lekat berharap ada penghuni yang muncul. Tapi sayang sampai saya lulus SMA belum pernah melihat orang di situ. Semakin misterius kan rumah besar kuno itu.

Karena masa itu adalah masa awal saya berkenalan dengan Detektif Conan dan Agatha Christie. Walaupun ceritanya kadang “aneh” tapi saya sangat menyukainya. Jadinya melihat yang aneh-aneh dan terlihat misterius itu “mengasyikan” untuk dipikirkan. Sayangnya saya lebih senang menjadi Ran ketimbang Sinichi 😛

Rumah itu yang pasti besar dengan halaman yang luas. Tetumbuhan besar sesuai usianya. Dan rumah itu pun dari gaya penampakannya mungkin seusia dengan tumbuhannya. Dulu saya menyebutnya “rumah belanda”. Entah ya, benar tidaknya, pokoknya rumah kuno selalu teridentik di kepala saya dengan rumah kuno zaman belanda 😀

Letaknya tepat di tepi jalan utama majalengka Jl. KH. Abdul Halim. Kalau dulu persis sederet dengan Yogya. Tapinya sekarang Yogya sudah pindah. Sederet juga dengan toko sepatu bata, lupa kemarin masih ada atau tidak.

2. Dulunya Yogya Toserba

DSCN1987

Sebelum Yogya saya masih dapat toserba mmm *saya lupa apa ya?* Terbit Toserba kalau tidak salah. Nah si toserba sebelum Yogya ini entah kenapa sepi pengunjung. Pas Yogya yang ambil alih langsung rame dan saya suka jalan-jalan ke sini bareng teman sekosan.

Eh, tunggu dulu, benar gak ya saya dapat Yogya *lupaaaa 😥 *. Tapi apapun itu Yogya atau sebelumnya saya pernah sangat senang sekali berkunjung ke sana. Tempat jalan-jalan satu-satunya buat cuci mata. Namanya juga perempuan lihat barang-barang baru dan bagus kan jadi seger lagi.

3. Alun-ALun Majalengka

DSCN1986
ini maksudnya depan alun-alun

Berhubung saya duduk di bangku sebelah kanan saya tidak dapat foto alun-alaun yang berada di kirinya. Tidak banyak yang bisa saya ceritakan. Tapi, dulu saya dan teman kos-an pernah ikut senam di sini. Sholat di mesjid nya dan sempat ada kehilangan juga.

3. Jalanan itu

DSCN1991

Rumah Makan ini dulunya tidak ada. Tapi jalanan ini saksi bisu jejak langkah kami di masa muda. Rasanya ingin berjalan kembali di sana menuju sekolah. Berjalan cepat, menikmati hembusan angin pagi dan teriknya matahari di siang bolong. Melihat teman-teman lain berjalan bersenda gurau. Ya Alloh itu sangat lama dan hari ini do’a terbaikku untuk Maryam dan anak-anakku kelak, semoga masa depan kalian lebih baik dari apa yang di alami dan di dapat Ummi dan Abah, aamiin.

4. My Senior High School!DSCN1992

Dan semua kenangan itu…

Miss you a lot.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s