-44- Jalan-Jalan di Wakatobi: Perumahan Bajo

Beberapa bulan yang lalu, mungkin 4 atau 5 bulan yang lalu saya, adik ipar dan Maryam sengaja jalan-jalan ke perumahan bajo. Karena sudah lama adik ipar ikut kita di Wakatobi sementara belum pernah diajak jalan-jalan akhirnya saya memutuskan ajak dia ke perumahan bajo yang dekat. Dari rumah pakai motor sekitar lima menitan. Saya pikir mau ke mana lagi di Wakatobi ini selain melihat keindahan lautnya. Dan perumahan bajo ini selain keindahan lautnya tentu saja keunikan rumah-rumahnya yang dibangun di atas laut.

Tentu sudah tidak asing dengan suku bajo kan? Rasanya ulasannya sudah sering di tipi maupun media elektronik lainnya. Suku ini sepertinya ada hampir di seluruh bagian Pulau Sulawesi. Mereka hidup di laut. Tingkat pendidikannya tergolong sangat rendah. Anak-anak suku bajo biasanya tidak sekolah kalaupun sekolah hanya sampai SD. Para orang tua masih berfikiran kalau anaknya haruslah membantu mencari nafkah keluarga. Tapi, belakangan pemerintah mulai aktif dalam menggenjot pendidikan pada suku bajo. terbukti beberapa sekolah didirikan untuk menampung mereka.

Baiklah ini dia jalan-jalannya kita…

20140406_105114salah satu spot perumahan bajo di Wakatobi

jebatandan yang ini jembatan pemisah antar rumah

Pertama kali memasuki perumahan bajo kita akan disuguhi pemandangan jembatan kayu seperti foto di atas. Jembatan yang memisahkan perumahan bajo kanan kiri yah ibaratnya jalan gang. Dan jembatan kecil masing-masing rumah terhubung dengan jembatan utama. Dilatari pemandangan laut biru luas dan disuguhi laut yang masih jernih di bawahnya, subhanalloh indah. Itu kalo kita tengok ke bawah bisa melihat dasar laut loh dan tentu saja ikan-ikannya, rumput lautnya, semuanya!

20140406_105148pemandangan tembus sampai dasar

Pemandangan seperti di atas: segerombolan ikan kecil melintas bukan hal aneh di sini. Pengen nyemplung pokoknya kalo tidak ingat umur plus teriknya matahari.

Kita sih tidak masuk ke rumahnya, gimana kagak ada yang kenal ya. Cukup berkeliling dari satu rumah ke rumah yang lain. Tapi jangan khawatir disediakan tempat istirahat di sana. Di penghujung perumahan, persis berhadapan langsung dengan laut lepas di situlah tempat peristirahatannya. Sengaja sepertinya biar para pengunjung bisa lebih menikmati suasana laut di perumahan bajo. Fasilitas tempat peristirahatannya lumayan lah walaupun tidak dijaga baik-baik. Berhubung sepertiny masih baru jadi waktu itu bagi kami masih oke lah.

persinggahantempat peristirahatan

Di sebelah kanan saya itu ruangan, bisa dipakai buat tiduran kalau tidak salah. Di belakang dan di sebelah kiri saya itu pemandangan laut lepas. Sebelum tempat istirahat yang ini, juga ada satu lagi cuman fotonya kurang bagus. Tempat satunya lagi mirip poskamling.

Segitu saja jalan-jalannya. Jangan khawatir walaupun terkesan hanya sekulibekan itu saja tapi sangat berkesan. Melihat rumah-rumah di atas laut, anak-anak hilir mudik di bawahnya dengan perahu atau berenang mencari ikan atau sekedar bermain permainan anak-anak, pemandangan yang langka bukan?

20140406_105058kayuh-kayuh nyari temen

20140406_102114siang-siang berenang

Bagaimana indah kan? Kalau kamu berkesempatan ke Wakatobi jangan lupa jalan-jalan ke sini ya. Dijamin tidak menyesal. Oy ya kalau ingin merasakan tidur di atas laut ada juga penginapan yang dibangun di atas laut jadi let’s enjoy Wakatobi…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s