-41- Lima Belas Bulan

Tepat di usianya yang ke empat belas bulan Maryam lancar jalan. Tanpa bantuan, tanpa jatuh-jatuh: alhamdulillah. Tepat 16 Oktober Maryam bisa tidur sendiri tanpa harus dikelonin. Tapi, sayang tidak berlanjut. Rencana mau sleep training pun ditunda. Mengingat abi nya ternyata lebih tidak tegaan.

Komunikasi sudah dua arah. Maryam sudah mengerti emosi. Dia kadanga kalau lagi sebal ngomong sendiri seperti lagi marah. Bahasanya masih susah untuk dimengerti, “breeetttt, prapep,,,”. Ah, entahlah. Ngegemesin kalau lagi bicara. Ditanya apa jawabnya apa dengan muka super serius.

Rumah sudah pasti kacau balau. Sulit mempertahankan kerapihan dan kebersihannya. Baru dirapikan secepat kilat mainan berhamburan kembali. Tidak bias diam. Walaupun di rumah tidak banyak perabotan tapi ada saja yang bisa ia naikkin. Entah tumpukan buku, kardus yang berisi buku, gulungan kasur palembang, koper berisi baju. Walaupun sudah lancar tapi kendalinya belum sempurna. Seperti malam kemarin yang mendadak horor karena Maryam kejedot tembok dan luka memar di kepalanya. Rasanya was-was sulit tidur. Abinya saking khawatir memilih langsung ikutan bobo sama Maryam.

Tanggal 3 Nopember kemarin tepat lima belas hobinya nonton video dari chu chu tv *download di yutup*. Bagus sih belajar banyak. Namun, sayanga berbahasa inggris dan kartun bayinya lumayan nyeremin menurut saya *kayak zaman-zaman yunani gitu*. Video ini pertama kali dikenalin sama teman kantor. Karena suka jadinya download banyak-banyak. Tapi, akhirnya khawatir juga mengingat bahasa dan yah nyanyi-nyanyi gimana gitu.

Dari awal kita sepakat Maryam akan belajar Bahasa Indonesia dulu sebagai bahasa ibu. Soalnya menurut yang saya baca kalau anak sudah diajari bilingual atau lebih rada susah ia belajarnya dan biasanya telat bicara. Tidak masalah sih yang penting pada akhirnya bicara juga. Namun, menurut kami lebih baik faham betul-betul dulu satu bahasa baru belajar yang lainnya. Daripada tahu semua tapi tidak mendalam.

Semoga tambah sholeha ya Nak,,,love you…

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s