-38- Review Gendongan Bayi: Ergo Baby Carrier

Setelah melanglangbuana di dunia pergendongan akhirnya ergo adalah keputusan terbaik yang pernah saya buat. Walaupun harganya jauh dari gendongan-gendongan sebelumnya tapi worth it banget, tidak menyesal lah. Harga 300 ribu untuk sebuah gendongan bagi saya tentu masih wah itupun belum bisa dapat yang ori. Kalau mau yang ori siapkan saja dana empat kali lipatnya dari yang non ori. Tapi, kalau kamu mampu sebaiknya ambil yang ori. Sebenarnya ada sih gendongan bagus yang ori buatan local tapi kenapa akhirnya saya tetap pilih ergo? Ini hanya masalah selera. Gendongan local cuddle me bagi saya yang semampai ini masih terlalu bulky.

Postingan ini hanya ingin berbagi seperti apa sih gendongan yang baik. Tidak mengajak beli yang non ori ya.

Apa yang saya dapat dari ergo

Pertama kali mencoba saya langsung bahagia karena terasa ringan, pas, dan singset *haish, maksudnya terasa menyatu antara saya dengan bayi, jadinya bebas bergerak*. Tiga hal yang paling terasa, bahu tidak sakit karena pad si ergo empuk. Dua, terasa ringan ketika menggendong karena kaki bayi tidak menjuntai kemana-mana, dia pas duduk di dudukan ergo yang lebar sampai ke paha. Ketiga kuat, karena ergo memiliki satu kunci yaitu pengikat di bagian punggung yang rata-rata tidak dimiliki gendongan lain, dan menurut saya ini adalah kuncinya. Sering saya berfikir, kalau saja gendongan carrier pertama saya memiliki satu pengikat lagi di bagian punggung mungkin akan lebih nyaman. Dan voila memang sangat pas dipakai ketika ada pengikat tambahan di punggung.

Dan berikut ini yang menurut saya kenapa si ergo termasuk salah satu gendongan yang baik secara kenyamanan, keamanan, dan kekinian.
1. Tidak/ mengurangi sama sekali pegel
20141015_075337

Itu penampakan tali punggung yang ber-pad empuk. Dia menggunakan busa atau yang semacamnya. Kalau yang biasa pake tas ransel pasti tau bagaimana nyamannya ketika tas kita memiliki ganjelan yang empuk di sekitar bahu. Selain pad di bahu, ergo juga memiliki ganjelan di perut yang lebar dan empuk. Sehingga area sekitar perut dan pinggang terasa nyaman ketika menggendong.

20141015_075458Lihat areadi sekitar perut dan pinggang dengan kain empuk dan lebar.

2. Terasa aman, ringan dan bebas
Menurut saya yang bikin si ergo ini terasa ringan ketika menggendong adalah kain atau dudukan bayi yang lebar sampai ke paha, lihat gambar sebelumnya di mana dudukan bayi lebar menutupi tubuh ibu. Hal ini menjadi salah satu kunci kenapa gendongan yang baik harus memiliki dudukan yang lebar. Selain karena untuk menyebar berat badan si bayi agar tidak tertumpu di selangkangan juga untuk keamanan bayi. Menurut artikel di sini, gendongan yang baik dan aman bagi bayi adalah jenis gendongan di mana kaki bayi membentuk posisi kodok. Hal ini bisa dilakukan tentu saja dengan dudukan yang lebar di mana paha bayi bisa ditopang dan memungkinkan untuk posisi kodok. Posisi ini gampangnya mirip abjad M, sudah saya bahas di postingan sebelumnya.

Sebenarnya kunci utama menggendong adalah dengan tangan kita sendiri. Coba deh kita gendong bayi/ anak dengan tangan kita, posisi yang paling nyaman menurut saya yang seperti di bawah ini. Lihat kan posisi kaki bayi ngangkang. Dan ini adalah posisi natural bagi bayi, jika bayi digendong maka secara alami dia akan melingkarkan kakinya. Dan posisi ini sangat mendukung pertumbuhan dari tulang belakangnya. Ketika masih bayi tulang belakang baru terbentuk dua salah satunya di bagian sacrum yaitu ujung dari tulang belakang. Tekanan yang berlebihan di bagian ini dapat menyebabkan gangguan terhadap pertumbuhan tulang belakang , artikelnya bisa di baca di sini. Tekanan ini bisa terjadi jika ketika menggendong berat badan bayi hanya tertumpu di selangkangan. Ciri gendongan yang seperti ini biasanya dia membentuk abjad n, cek di sini.

kodokgambar dari sini.

Oya selain kaki yang harus frog style punggung sampai leher pun harus tertopang. Si ergo ini bisa loh menopang punggung sampai ke leher. Bahkan ketika anak saya sudah agak besar *14mo* dia masih bisa menopang leher dan kepalanya dengan penutup kepala.  Semisal anak kita ketiduran kepalanya tidak perlu dipegangin sudah ditopang kok sama ergo.

Lega rasanya, sudah terasa ringan ternyata nilai plusnya dia mendukung keamanan bayi terutama pertumbuhan dan perkembangan tulang belakangnya. Saya pun merasa sangat bebas bergerak karena tidak melulu harus menopang paha bayi yang bergelayutan.
3. Pas dan Kuat

Penting menurut saya gendongan itu harus pas antara bayi dan kita juga harus kuat. Tidak sedikit-sedikit membetulkan tali bahu yang melenceng jatuh ke lengan. Kejadian seperti ini saya alami ketika memakai gendongan carrier sebelumnya. Dan kenapa si ergo ini bisa pas dan kuat bagi saya, rahasianya adalah ini:

20141015_075517

Itu yang saya lingkari pake warna merah! Dengannya tali bahu konsisten pada tempatnya. Selain itu ergo kuat karena memiliki semacam karet pengaman di “klik”-nya *itu tuh ketika kita melingkarkan ergo  di pinggang nah biar dia melingkar terus di klik, apa namanya ya*. Jadi kalo semisal kita kelupaan meng-klik masih ada warning lah *kerasa kendor gitu ergonya*.

Selain dari pengamannya yang pas dan kuat, kainnya pun menurut saya kuat. Dia tidak kaku tapi terlihat dan terasa kuat di luar dan di dalamnya dilapisi kain katun yang lembut sehingga bayi nyaman duduk berlama-lama di sana.
4. Stylish dan tidak ribet

Pilihan warnanya sangat variatif dan modelnya bagi saya sudah sangat stylish. Pakenya pun tinggal hap! Tidak seperti wrap walaupun aman tapi bagi saya masih ribet ya, habisnya rempong sih ngatur-ngatur kain panjangnya. Ini saya kasih bonus foto si ergo ketika dipake *dulu ngeliat ini semakin mupeng*.

ergo2minjem

singset kan kan…

P.S  ada juga dijual terpisah pad untuk pijakan kakinya sama buat teething. Saya sih tidak pakai, so far masih nyaman sih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s