-28- Posyandu lagi 8mo

Hari ini Maryam kembali posyandu. Ukur berat badan dan panjang. Aseli Saya deg-degan, takutnya BB si Maryam turun. Secara setelah MPASI ini dia pemilih sekali. Hanya makanan tertentu saja yang dia suka. Pepaya juaranya, karena tidak tiap hari ada pepaya saya akhirnya memberinya milna rasa apel dan jeruk, amazing deh dia suka. Kasian sekali nasib bubur-bubur yang Saya buat. Pernah buat bubur tahu wortel: GTM (Gerakan Tutup Mulut). Berikutnya Saya kasih keju untuk rasa asin masih juga GTM, tapi lumayan bisa makan dua suap. Tapi ya, Maryam ini tidak suka bubur keju dia suka sekali makan kejunya, lahap pula. Selain keju dan pepaya dia juga suka roti tawar.

FISIK
BB: 8,1kg
TB: 72cm

Menurut standar WHO masih oke. Yah melenceng sedikit kisaran 0,0 it’s ok. Tapinya ada yang lumayan melenceng nih, BMI (Body Mass Index) di usianya (8 bulan) dan panjangg di usianya, nilai z-score masing-masing -0,82 dan 1,10. Artinya BB Maryam masih di bawah rata-rata melenceng 0,82 dan panjangnya di atas rata-rata melenceng 1,1. Melihat tinggi badan orang tuanya sih hal ini agak surprise ya. Walaupun anak tidak selalu mengikuti ciri fisik ortunya, bisa jadi kakeknya, neneknya, atau keturunan lebih ke atas, who knows? Mudah-mudahan sih memang benar-benar bibit tinggi ya, aamiin.

Oh ya ini ngukur menurut standar WHO gampang loh. Saya download aplikasi for PC namanya WHOAnthro. Pas masuk aplikasi tinggal masukin nama, tanggal lahir, BB, PB, keluar deh hasilnya. Selain BB dan PB ini sebenarnya masih banyak yang lainnya, seperti ukurang lingkar kepala, perkembangan motoriknya, yah, lengkap deh.

MOTORIK

Motorik halusnya alhamdulillah Saya perhatikan sudah bagus, pegang memegang sudah lihai. Hanya saja itu motorik kasarnya sampai sekarang Maryamku masih ngesot, dia belum bisa merangkap saudara-saudara. Nyungsep mulu sekalinya mau merangkak. Tapi lari-lari di baby walker sudah lincah sampai semua beda ia seruduk. Anteng deh maen sendiri di atas baby walkernya.

Walaupun banyak yang bilang baby walker ini kurang efektif dan tidak direkomendasikan tapi suami Saya bilang, ia ingin membelikan Maryam baby walker, kenapa? Dia ingin Maryam bergerak, iya, karena kan Maryam tidak bisa merangkak jadinya Maryam tidak bisa leluasa bergerak hanya di seputaran kasur saja atau yang empuk-empuk karena ia suka nyungsep. Setelah pakai baby walker ini Maryam bak bayi yang sudah lincah berjalan. Saya perhatikan telapak kakinya napak dan melangkah. Semoga segera jalan ya Maryam, aamiin.

SOSIAL

karena kita jarang sekali mengajak Maryam keluar jadi sekalinya dia diajak keluar dan bertemu orang baru nangislah dia. Hey-hey ini mah harus sering dibiasakan melihat dan berinteraksi dengan orang. Besok-besok harus lebih sering lagi diajak jalan-jalan. Gambate Maryam.

Pagi tadi dia sudah mulai merengek ketika Saya tinggal pergi ke kantor, oh Maryamku sudah mulai tumbuh besar, semoga tambah pinter, soleha, cantik, manis, dan tunduk patuh pada Alloh SWT, aamiin…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s