-9- USG untuk Mengetahui Usia Debay

Tanggal 28 Februari kemarin saya ke Kendari, tidak lupa check up ke dokter kandungan. Ceritanya kan di Kendari ada USG 4 dimensi, jadinya penasaran. Oya, nama kliniknya Abu Hurairoh, lokasinya arah Kendari Beach dekatnya SMAN 1 apa 2 Kendari gitu,,,(yang ini lupa) tapi cukup gampang kok, tinggal bilang sama pak sopirnya insyaAlloh sampai.

Sebenarnya sedikit ragu periksa di klinik ini, karena dari Wakatobi Bu Bidan kasih tahu kalau dokternya laki namanya saja dr Indra. Waduh gimana ya, pengalaman USG di RSUD Wakatobi, dokter akan melihat aurat kita terus kalau diperlukan akan juga meraba perut kita. Tapi, mendengar perawatnya perempuan, akhirnya suami mengizinkan.

Jam tujuh malam kita sudah sampai di klinik. Beda sekali ya dengan Wakatobi suasananya. Kalo di Rumah Sakit Wakatobi nunggu pasien itu sungguh melelahkan dan banyak petugas kesehatan yang menyerah akhirnya pulang sebelum waktunya, disini subhanalloh nguantriii…lupa nomor berapa antriannya tapi, perasaan kalau dihitung-hitung jam 9 bisa kelar. Nunggu deh, jam 8, jam 9 berlalu, jam 10 berlalu juga…waduh kok bisa? Suami mendekati si perawat penjaga dan menanyakan nasib antrian kami sekalian sedikit protes kenapa yang datang terakhir bisa diperiksa duluan. ternyata oh ternyata teman, banyak yang daftar lewat sms ke si perawat penjaga dan katanya itu dibolehkan. Terang saja ada ibu dan seorang bapak yang gak bisa nahan emosi, kena juga tuh perawat. Kan, tidak semua yang datang tahu aturan daftar sms itu, termasuk saya yang datang jauh-jauh dari Kepulauan. Kasihan jadinya mbak perawatnya dikerubungi dan dimarahi, hiks…rada gak enak juga soalnya yang memulai datang duluan ke si perawat suami, tapi, kan, suami cuma nanya kagak marah-marah, dia pun langsung balik badan setelah nanya…(tetep aja gak enak dan kasian sama perawatnya).

Tiga puluh menit menuju tengah malam, suami mencoba bernegosiasi dengan perawat. Entah bagaimana tapi urusan yang satu ini saya selalu percaya dengan suami. Dan benar saja kami diizinkan masuk setelahnya, alhamdulillah…

Terus alhamdulillah ternyata dokternya bukan laki, nama depannya memang Indra tapi belakangnya cewek banget deh! Magdalena…hehe.

Tekanan darah saya 90/70, rada lumayan dibandingkan pas terakhir cek di Wakatobi: 80/70. Saya memang selalu mengeluhkan kekurangan darah. Aktivitas saya juga sering keteteran karenanya. Di kantor sering pusing dan terasa kleyeng-kleyeng, malahan akhir-akhir ini tidak bisa tidur kalau malam dan sering keluar keringat dingin dan dilanjutkan dengan muntah. Tapi, waktu ke dr Indra hanya tekanan darah saja yang saya keluhkan.

Pemeriksaan USG 4 dimensi pun dimulai. Saya dan suami senang karena dapat melihat kondisi debay dengan jelas melalui layar besar persis di depan kami. Perawat pun mulai mengolesi perut saya dengan gel. Kenapa gel? nah ini dia senangnya jadi ibu hamil, jadinya sedikit tahu alat yang digunakan dsog. Pemeriksaan USG (ultrasonografi) dilakukan dengan memanfaatkan gelombang suara dengan frekuensi sangat tinggi. Gelombang USG tidak dapat melalui udara sehingga diperlukan gel untuk memastikan kontak yang baik antara kulit Anda dan transduser. Transduser ini yang biasa dipegang dokter dan ditempelkan di perut bumil terus digeser-geser untuk menangkap aktivitas di dalam rahim. Jadi peranan gel ini sebagai media perantara agar gelombang suara dapat menangkap dengan baik aktivitas di dalam rahim. Sembari menggeser-geser tranduser biasanya dokter menjelaskan kondisi kandungan. Alhamdulillah waktu itu kondisinya sehat dan bagus. Usianya 17w5d atau 17 minggu 5 hari, terus beratnya 330gram, detak jantungnya 151…alhamdulillah.

20130228_231133

layar untuk melihat aktivitas di dalam rahim

Enaknya USG 4 dimensi kita bisa melihat debay layaknya kita menonton film dokumenter. Melihat dia berputar-putar, walaupun waktu itu belum sempurna benar. Subhanalloh ciptaan Alloh, saya suka terharu sampai menitikkan air mata kalau habis di USG, menyadari ada kehidupan di dalam perut kecil saya, duh, rasanya subhanalloh tidak dapat berkata-kata…

g3049

Perbandingan USG antar dimensi

Di akhir pemeriksaan dokter memberikan resep dan foto janin, sayangnya saya dan suami lupa bawa flashdisk, kan, bisa disimpan juga videonya…

Oya, di Wakatobi pun sudah bisa USG 2D. Sebelum USG 4D ini sebelumnya saya USG dulu di Wakatobi. Saya bingung karena hitungan Bu dokter mengenai usia kandungan berbeda dengan rumus neagle yang biasa dipakai bidan dan saya. Kebetulan lagi saya tahu persis kapan Hari Pertama Hedl Terakhir (HPHT) dan kapan saya terakhir melakukan hubungan intim di masa subur. Jika saya hitung berdasarkan HPHT 27 Oktober 2012 maka Hari Perkiraan Lahirnya (HPL) tanggal 3 atau 4 Agustus dan jika berdasarkan masa subur maka HPL jatuh tanggal 23 Agustus 2013. Yah, memang bisa maju dan mundur itu kan hanya perkiraan. Tapi, saya butuh sekali untuk menentukan waktu cuti yang tepat. Nah, menurut USG 2D usia kandungan saya itu sudah 16 minggu. Saya merasa ketuaan debaynya, berarti sebelum HPHT saya sudah mulai hamil, agak aneh bagi saya. Terus yang bikin ragu di USG 2D itu penentuan usia kandungan didasarkan pada pengukuran debay yang dilakukan dokter. Saya pikir dokter juga kan manusia, jadi saya ingin perbandingan mengenai usia kandungan.

Rumus Neagle = Tanggal(+7) Bulan (-3) Tahun (+1)
pada kasus saya, HPHT 27(+7) 10(-3) 2012(+1) = 34 7 2013 = 3/4 8 2013
untuk kasus bulan yang kurang dari 3 maka ditambah 9, misal Januari, Februari, dan Maret. Harus diingat juga temans rumus ini berlaku bagi mereka yang siklus haid nya normal.

Karena itulah, saya putuskan USG di tempat lain. Dan hasilnya usia kandungan saya 17w5d sementara hasil USG 2D yang dilakukan sebulan sebelumnya menyatakan 16 minggu. Saya belajar untuk tidak selalu menerima, jika memang ada keraguan lebih baik kita melakukan perbandingan (second opinion) sampai kita merasa yakin dengan suatu hasil.

Yeah…temans, manfaat USG banyak diantaranya seperti yang saya lakukan; mengetahui usia kehamilan dengan lebih akurat. Manfaat lainnya insyaAlloh di cerita selanjutnya ya…

refernsi:
http://majalahkesehatan.com/7-manfaat-usg-kehamilan/
el firdan dr abu hanadan dr ummu hana el firdan, 2011. konsultasi kehamilan. Bandung: ToobagusLife

Advertisements

4 thoughts on “-9- USG untuk Mengetahui Usia Debay

  1. wew…. infonya bole juga…
    rapi jali deh mil tulisannya. coz kalo nulis ga sebar. rasanya ingin dikeluarkan all in 1 time. dan ga sabar pengen cepet ktemu titik. hehehe..
    happy bloging y… n happy mommy…
    titip cium utk debaynya…

  2. dr anna sofyana., m.kes

    Ibu ummiko yang terhormat
    Terima kasih atas informasinya
    Kemungkinan perbedaan hasil usia kehamilan pada usg trimester kedua adalah 2 minggu
    Jadi perkiraan persalinan tetap ditentukan berdasarkan hpht jika siklus haid normal
    Oks ibu, semoga persalinannya lancar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s